Rabu, 20 Oktober 2010

The Playlist, Alternative Rock

Currently, I'm so obsessed with some alternative rock songs. Dari lagu-lagu band jaman 90s, hingga lagu-lagu alternative rock jaman sekarang. Mungkin ini adalah refleksi kejenuhan saya dengan musik-musik mainstream yang bersliweran, baik dari dalam maupun luar negeri. Tidakkah kalian lelah mendengar Justin Bieber dan Lady Gaga? Atau untuk dalam negeri, ST12 atau Wali? Saya jenuh, sejenuh-jenuhnya dengar lagu-lagu yang monoton seperti itu. Well, enough with the babbling. Here is my current alternative playlist:

* Angels & Airwaves - Hallucinations

single dari album ketiga Angels & Airwaves yaitu LOVE yang dirilis tahun 2010. Saya sendiri mendapat album ini secara gratis, and it's legal. Yes they gave it for free! Lagu ini sendiri sangat menyenangkan, bercerita tentang halusinasi dan mimpi. Keep your dreams on, lads!

* Bloc Party - I Still Remember

single terdahsyat dari album kedua mereka, Weekend In the City. Perpaduan lirik yang mengiris hati dan vokal khas Kele, membuat saya galau tingkat tinggi setiap denger ini. "I still remember, how you look that afternoon..."

* Incubus - Wish You Were Here

lagu yang dari album Morning VIew, salah satu lagu pembuat galau paling mantap. Apalagi kalau bukan karena liriknya..

* Incubus - Dig

lagu dari album Light Grenades yang rilis tahun 2006. Well, apa mau dikata lagu ini sangat menyentuh. Terutama saat Brandon Boyd bernyanyi "Dig me up from under what is covering, the better part of me..."

* Klaxons - Echoes

single pertama dari album kedua band asal Inggris ini yaitu, Surfing The Void. Sangat tipikal khas Klaxons sekali, dimana mereka menggabungkan sound-sound rock dengan sedikit electronic dan new wave.

* Kings of Leon - Radioactive

single terbaru dari album terbaru mereka, Come Around Sundown. Dari intronya yang sudah cukup ramai dengan sound gitar, bisa dilihat kalaui lagu ini sangat menyenangkan untuk didengar. Tapi masih kalah sih dari lagu Sex on Fire atau Use Somebody yang sensasional itu.

* MGMT - Flash Delirium

diambil dari album terbaru mereka, Congratulations, MGMT meninggalkan sound synthpop/new-wave yang mereka masukkan pada album kedua mereka Oracular Spectacular. Kini, mereka menggabungkan sound experimental rock dengan sedikit sentuhan psychedelic.

* Mew - Apocalypso

lagu alternative rock dengan tambahan shoegaze dari band asal Denmark ini. Sangat mengasyikkan, membuat kita seperti berada di dunia lain.

* Mew - Introducing Palace Prayers

single pertama dari album No More Stories.. (judul aslinya sangat panjang, jadi mending disingkat) yang dirilis tahun 2009. Dan masih sangat khas Mew, alternative rock dengan shoegazing. Oh yeah, sudahkah saya menyebutkan bahwa Mew akan datang lagi ke Indonesia? Yes, they're coming on 11th December for a concert in Candi Prambanan, Yogyakarta!

* The National - Bloodbuzz Ohio

single andalan album terbaru mereka, High Violet (yang masuk nominasi album terbaik 2010 versi SPIN Magazine). Lagu ini sendiri lebih condong ke arah post-punk, well whatever.. Masih sangat enak untuk dinikmati kok :)

* Manic Street Preachers - Motorcycle Emptiness

hit andalan Manics dari album pertama mereka Generation Terrorists (rilis tahun 1992). Lagu ini sendiri agak slow dan banyak bercerita tentang kehampaan (menurut saya sih..). Alasan lain kenapa saya lagi suka lagu ini adalah karena mengenan Richey Edwards yang hilang sejak tahun 1995 dan dinyatakan meninggal pada tahun 2008. Rest in peace, Richey...

* Manic Street Preachers - (It's Not War) Just the End of Love

lagu terbaru dari album terbaru Manics, Postcards From a Young Man. Saya sendiri sedang sangat suka lagu ini. Selain karena ditambah harmoni orkestra, James Dean Bradfield pun pamer keahliannya dalam memainkan gitar dengan solo gitar yang keren!

* The Strokes - Someday

single dari album debut The Strokes, This Is It (rilis tahun 2001) dan masih menjadi album terbaik The Srokes sampai saat ini. Kita tunggu saja album baru mereka yang (katanya) akan rilis awal 2011.

* Smashing Pumpkins - Song For a Son

lagu dari album terbaru Smashing Pumpkins, Teargarden by Kaleidyscope yang dirilis sejak 2009 dan masih berlanjut sampai sekarang (ya, mereka merilis album ini secara berkala setiap bagiannya). Kental sekali nuansa alternative dari the god of alternative rock, Billy Corgan. Apalagi mereka baru saja tampil di acara Java Rocking Land. Pastinya keren punya deh

* Vampire Weekend - A-Punk

siapa sih yang tidak kenal dengan band ini sekarang? Lagu A-Punk ini sendiri berhasil membius saya dan membujuk saya untuk mencintai band ini.

* Vampire Weekend - Cousins

komposisi paling edan dari album terbaru mereka, Contra. Just sing it loudly, "Me and my cousins, you and your cousins. It's a line that always running."

* Weezer - Pork and Beans

lagu yang kocak dari album Weezer: The Red Album (2008). Isinya tentang menyindir lagu-lagu mainstream. Rivers Cuomo sendiri mendapat inspirasinya setelah didesak pihak eksekutif labelnya saat itu untuk menciptakan lagu yang lebih mainstream, dan lahirlah lagu ini (yang justru menyindir haha). Videonya juga cukup menarik disimak, dimana video klipnya menampilkan para 'bintang-bintang' YouTube.

* Weezer - Memories

ini dia single teranyar Weezer dari album terbaru mereka, Hurley. Single yang cukup menyenangkan terutama dengan sound synthesizer di lagu ini yang membuat lagu ini juga dapat disukai anak-anak muda sekarang yang sukanya band-band pop-punk/power-pop yang bermain synthesizer

Yes, that's the playlist for now! Lain kali tambah lagi dan semoga playlist ini bermanfaat buat referensi musik anda sekalian :p Jangan dengerin musik pop mulu makanya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar