Jumat, 22 Oktober 2010

MUCC - Karma [review]

MUCC, salah satu band rock Jepang favorit saya kembali mengeluarkan album terbaru di tahun 2010 ini. Bisa dibilang MUCC adalah band yang paling rajin merilis album karena sejak mereka memulai karir mereka, mereka selalu mengeluarkan album setiap tahun.

MUCC juga adalah band yang paling rajin mengeksplorasi genre musik lainnya. Pada album 'Karma' ini, mereka mengeksplorasi musik electronic yang tentu saja di-blend dengan musik khas MUCC itu sendiri.

Dimulai dengan intro 'Chemical Parade' yang benar-benar full electronic, bisa dilihat akan kemana arah musik dari album ini. Kemudian dilanjutkan dengan 'Falling Down', single yang sebelumnya dirilis tapi dalam album ini kemudian ditambah dengan nuansa electronic agar lebih ngeblend dengan album ini. Selanjutnya sampai setengah album ini, seluruh lagunya bernuansa electronica rock.

Salah satu track yang berbeda adalah track nomor 8 yaitu 'Daraku', sebuah track dengan lirik full berbahasa inggris dengan nuansa jazzy yang kental. Walaupun berbeda, bisa dibilang ini adalah salah satu track terbaik di album ini.

Setelah itu track-trak lain yang nuansanya berbeda, setelah track ke7 nuansa albumnya sudah keluar dari electronica-rock tersebut. Walaupun begitu, MUCC tetap mampu menyuguhkan musik yang menarik. Seperti 'Polaris' yang diisi dengan orchestra, string, dan biola. Dan ada juga 'Feather' sebuah lagu ballad yang indah dan menyenangkan untuk didengarkan

Overall, ini adalah sebuah album yang sangat menarik dari MUCC. Di usia band yang mencapai ke-13 tahun, MUCC sepertinya tidak akan pernah berhenti berkreasi dan bereksplorasi sampai di sini saja. Semoga di masa depan, MUCC mampu bereksplorasi dan berkreasi lebih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar