Senin, 30 Juli 2012

Seremedy; Bukti Globalisasi Visual-kei

Seremedy
Visual-kei, sebuah kata yang cukup awam bagi mereka yang mendalami pop culture Jepang (termasuk saya sendiri), namun mungkin masih asing bagi orang awam.

Visual-kei adalah sebuah style di antara musisi Jepang yang memiliki karakteristik unik di mana para musisi ini mengenakan make-up hingga menggunakan kostum yang flamboyan. Tapi seiring waktu berjalan, visual-kei tidak sekedar mendefinisikan 'appearances', namun juga musik yang dimainkan band-band yang tergolong band visual-kei ini.

Band-band visual-kei memiliki banyak penggemar di seluruh dunia, seiring dengan menyebarnya fanatisme pop culture Jepang. Tak heran kalau ada band-band visual-kei yang berkembang di setiap negara, walaupun konteksnya hanya di scene lokal.

Mungkin ketika saya pertama kali menemukan band bernama 'Seremedy' ini seharusnya saya tak terkejut mengingat visual-kei sudah mendunia. Siapakah Seremedy ini? Seremedy adalah sebuah band visual-kei yang berasal dari Swedia yang terbentuk sejak tahun 2010. Band ini beranggotakan SEIKE (vocal), YOHIO (guitar), RAY (guitar), JENZiiH (bass), dan LINDER (drums). Walaupun masih terbilang baru, Seremedy sudah memiliki pengalaman cukup di dunia internasional, bahkan sudah memiliki fanbase tersendiri di Jepang (yang notabene memang negara asal budaya visual-kei)

Welcome_to_out_madness
Ketika pertama kali menemukan band ini jujur saya terkejut karena ada band visual-kei dari negara selain Jepang yang berhasil menembus industri musik internasional. Seremedy tergabung dalam Ninetone Records dan Universal Music. Pencapaian yang cukup hebat mengingat mereka belum lama terbentuk. Dan di bawah label ini pula mereka merilis album debut mereka 'Welcome to Our Madness' pada tanggal 25 Juli lalu dan dirilis baik di Jepang maupun Swedia.

Secara make-up, kostum, dan sound musik mereka, Seremedy sukses membawa visual-kei ke dunia internasional. Akan menarik untuk mengamati perkembangan band ini ke depannya dan bagaimana mereka akan mengenalkan visual-kei lebih jauh lagi ke masyarakat internasional.

Bagi yang ingin tahu bagaimana musik yang dimainkan Seremedy, here's their first single from their debut album: 'No Escape'

Enjoy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar