Minggu, 24 Juni 2012

John Mayer - Born and Raised [review]

John-mayer-born-and-raised
John Mayer terkenal dengan lagu-lagunya yang cukup flirty (e.g. 'Your Body is a Wonderland') atau seperti di album sebelumnya, lagu-lagu tentang patah hati akut yang seakan tidak akan pernah sembuh. Dengan sentuhan blues/pop yang selalu setia di album-albumnya, John dengan setia menyentuh hati para wanita dan kaum yang tersakiti hatinya.

Album 'Battle Studies' karya John Mayer sebelumnya memang adalah sebuah karya curahan hati pribadi milik John yang handal. Akan tetapi, John sepertinya sudah sukses melupakan masa lalunya yang pedih itu, sembari mengambil arah yang baru dalam bermusik di album kelima ini, 'Born and Raised'.

Di 'Born and Raised', John melebarkan sayapnya dengan mengambil unsur musik Americana; dari folk hingga country. Mungkin dari track pertama kalian akan heran dan bertanya-tanya "Is this really John Mayer?", ya ini adalah John Mayer yang kalian kenal. Walaupun memasukkan unsur Americana yang terasa seperti Bob Dylan atau Neil Young, John tetap tak lupa memasukkan akar bluesnya ke dalam album ini.

'Shadow Days' adalah single pertama dari album ini. Dari lagu ini, John sudah bercerita kalau dia sudah meninggalkan masa lalunya yang kelam yang tergambar dari lirik "..got a tough time, had a rough start. But my shadow days are over.." Di lagu ini pula terasa perpaduan blues khas John dengan unsur musik Americana yang terdengar merdu.

"Now the cover of a Rolling Stone, ain't the cover of a Rolling Stone." di lagu 'Speak for Me' terasa menggambarkan bahwa dia sudah berubah, bukan seorang rockstar yang pernah menjadi cover majalah Rolling Stone lagi. Dan track ini pun adalah sebuah ballad folk yang manis, dalam kepala saya terbayang seorang cowboy kesepian yang memainkan gitar di lagu ini sambil memandangi alam yang sepi di wild west sana.

Track-track lain seperti 'Born and Raised', 'Love is a Verb' juga layak untuk disimak.

Secara keseluruhan, album ini adalah sebuah fine effort dari John Mayer dalam meredefinisi musiknya dan memberi sentuhan-sentuhan baru. John masih setia memanjakan pendengar lamanya dengan sentuhan blues, namun seperti musisi pada umumnya, tidak heran kalau ia mencoba bereksplorasi dengan memainkan genre yang baru di albumnya. Saya setuju dengan Rolling Stone yang memberi album ini solid 4 stars out of 5. Sebuah album yang menyenangkan dan juga berani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar