Kamis, 26 Mei 2011

Ben Folds Live & Up-Close at Nusa Indah Theatre, Balai Kartini; Konser intim nan sederhana penuh tawa

20110408-044845-663373

prmotional poster cortesy of Ismaya Live

306960155

Sehari setelah konser live & up-close bersama The Drums, pada hari Kamis tanggal 26 Mei giliran Ben Folds yang menggelar konser intim dan sederhana di Nusa Indah Theatre, Balai Kartini. Sama seperti The Drums sehari sebelumnya, konser Ben Folds ini juga diadakan oleh Ismaya Live sebagai promotornya.

Ben Folds naik ke atas panggung tepat pukul jam 9 malam. Ben yang tampil santai dengan kemeja pun langsung menghampiri grand piano yang ada di atas panggung. Grand piano itulah satu-satunya teman Ben di atas panggung, untuk show di Jakarta ini Ben tampil sendirian tanpa band pengiringnya. Set panggung yang sederhana, tanpa barikade pun membuat suasana semakin intim.

Tanpa basa-basi, Ben langsung memainkan 'Effington' yang disusul dengan 'Annie Waits' dan 'Sentimental Guy'. Setelah memainkan lagu ketiga, Ben langsung menyapa penonton sambil mengeluarkan candaan yang mengundang tawa penonton. Setelah memuji asap yang keluar dari panggung, Ben memainkan 'Smoke' karena diingatkan oleh penonton.

Tepuk tangan meriah selalu hadir setiap Ben selesai memainkan satu lagu. Tak lupa Ben membalasnya dengan joke-joke khas miliknya, sambil bercerita inspirasi dari beberapa lagu yang dia mainkan malam itu seperti 'All U Can Eat'. Ben pun tidak lupa memainkan lagu-lagu yang direquest oleh para penonton hingga Ben kebingungan untuk memilih lagu apa yang akan dimainkan.

Walaupun Ben tampil sebagai one-man band dengan piano nya, konser tidak terasa sepi malah semakin ramai karena Ben dengan piawai memainkan piano nya bahkan melakukan atraksi memainkan mic seolah-olah mic tersebut adalah instrumen musik. Ben pun sempat pamer kebolehannya memainkan drum setelah memainkan lagu 'Steven's Last Night In Town' saat seorang kru tiba-tiba membawa masuk floor drum hingga satu demi satu set drum mulai dari snare, hi-hat, bass drum, dan cymbals keluar ke atas panggung.

Penonton pun dijadikan sebagai pengiring oleh Ben, terutama saat lagu 'You Don't Know Me' di mana penonton mengisi bagian-bagian yang di lagu aslinya dinyanyikan oleh Regina Spektor. Ben juga membuat koor massal dari penonton dengan nada berbeda dengan Ben sebagai komandonya. Koor pun terus mengiringi sambil Ben memainkan piano nya.

Selama 2 jam penuh, Ben Folds menyuguhkan atraksi panggung yang menyenangkan walaupun hanya ditemani grand piano. Dan penonton pun tak lupa memberi standing ovation kepada Ben setelah ia menyelesaikan semua set plus encore nya.

Beberapa orang menyayangkan bahwa Ben tidak memainkan lagu favorit mereka yaitu 'Brick' (yang sebenarnya ada di dalam setlist Ben). Tapi dengan pertunjukan yang menyenangkan seperti ini, mungkin tidaklah begitu masalah. Dan di twitter nya, Ben Folds tak lupa untuk mengucapkan 'terima kasih' dan berkata bahwa suatu hari ia ingin kembali lagi dan memainkan lagu yang ia lewatkan. See you again someday, Ben!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar