Senin, 05 September 2011

Red Hot Chili Peppers - I'm With You [review]

Red_hot_chili_peppers_im_with_you_album_cover
Red Hot Chili Peppers are unstoppable.

Mereka sudah mampu membuktikan bahwa mereka bisa melalui masa-masa kelam terjebak dalam drug addiction. Dan cobaan yang terakhir mereka alami adalah: kehilangan sosok virtuoso dari seorang John Frusciante untuk kedua kalinya. Tanpa berlama-lama, Josh Klinghoffer sebagai 'murid' Frusciante langsung diangkat menjadi gitaris baru Chili Peppers. Pesimisme tentang kemampuan band ini untuk terus melanjutkan karir mereka langsung dipertanyakan.

Dengan album ini, the Chili Peppers membuktikan bahwa mereka masih mampu berjalan tegak tanpa Frusciante di sisi mereka dan digantikan oleh Josh Klinghoffer.

Red Hot Chili Peppers are still the same band like they used to be. Perbedaan yang ada di album ini adalah tidak adanya solo gitar maut dari John Frusciante, digantikan dengan riff bertekstur dan berlapis dari Josh Klinghoffer. Yeah, Josh memang tidak terlalu pamer seperti John Frusciante.

Bila sudah pernah mendengarkan single pertama album ini, 'The Adventures of Rain Dance Maggie', terdengar sekali perbedaan permainan Josh yang cenderung bermain riff gitar yang bertekstur dibandingkan dengan hit singles Chili Peppers lainnya yang membuat kita menyembah skill solo gitar milik John Frusciante.

Justru giliran Flea yang memamerkan khandalannya bermain bass sekaligus menunjukkan kenapa dirinya pantas disebut sebagai salah satu bassist terbaik yang pernah ada. Dengarkan saja intro dari 'Factory of Faith' atau 'Look Around' yang memamerkan skill dari Flea. Flea juga memasukkan berbagai elemen lain, semacam world music di 'Ethiopia', terompet yang sudah ia mainkan sejak muda di 'Did I Let you Know' hingga piano di 'Happiness Loves Company'.

Dan Kiedis pun membuktikan bahwa dirinya bukan penulis lirik sembarangan. Kiedis membuat lagu 'Brendan's Death Song' yang bercerita tentang kematian seorang sahabat dekat tidak terlalu depressing.

Album ini memang bukan album terbaik Chili Peppers, masih jauh dari menyaingi 'Blood Sugar Sex Magik' atau 'Californication'

At least, album ini menjadi awal baru bagi the Chili Peppers tanpa Frusciante. Semoga Kiedis dan Flea dibantu Chad Smith dan Klinghoffer masih terus bisa membawa band ini hingga mereka tak mampu lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar